Yoga Hamil dengan Bidan Niken Syaf

“Yoga hamil itu boleh dimulai sejak kapan ya?”

Menurut Bidan Niken Syaf, jika tidak ada keluhan yang mengganggu seperti riwayat keguguran, flek di trimester 1, mual muntah berlebih, silahkan mulai olahraga sedini mungkin. Jika ingin lebih aman disarankan setelah plasenta melekat sempurna pada umur kehamilan sekitar 16 – 20 minggu.

Siapa tuh Bidan Niken Syaf? Coba aja cek instagramnya @nikensyaf dia itu instruktur yoga privatku selama kehamilan ini. Aku sebetulnya suka banget olahraga bareng-bareng di studio, tapi ternyata pas nyoba kelas privat sama Mbak Niken itu enak juga. Kenapa? Soalnya sesi yoga-nya menyesuaikan sama jadwal kita. Meskipun ya kadang harus otak-atik jadwal atau Mbak Niken nyampe ke rumah telat, ya maklum deh jadwal beliau tiap hari-nya padat banget juga bisa sampe ke 4-5 lokasi per hari-nya. Hihi.

Aku sendiri mulai yoga dari usia kehamilan 20w. Awalnya aku ambil yang yoga sekali datang dulu aja. Tapi karena cocok, akhirnya aku ambil paket yoga 5 kali aja sekalian, kena di Rp 1,1 juta. Kalo yoga sekali dateng itu Rp 250.000 jadi ya lumayan banget kan kalo ambil yang paketnya aja sekalian.

Prenatal Gentle Yoga sama Mbak Niken itu selalu dimulai dengan afirmasi dan komunikasi dengan “adik janin” dan “kakak plasenta”. Katanya sih emang janin kita itu udah bisa diajak komunikasi loh mulai dari usia kehamilan 4 bulan hehe gemes gak? Abis itu, latihan pernafasan perut lalu baru deh gerakan-gerakan yoga-nya.

Menurutku di awal-awal yoga itu gerakan PGY ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan biar rileks. Soalnya sebenernya nih, gerakannya tidak membuat kita se-capek kalau poundfit atau HIIT haha. Nah makin besar perutnya, gerakannya makin heboh sih jadi lebih keringetan juga karena badan juga makin berat. Begitu masuk trimester tiga, kerasa banget manfaat yoga itu jadi menghilangkan pegal-pegal! Ditambah lagi bisa mengoptimalkan posisi janin kita menjelang launching.

Jadi, buat yang kondisi hamilnya normal, penting gak sih sebetulnya yoga hamil itu? Menurutku gak ada salahnya untuk cobain dulu at least sekali. Nanti kalo udah hafal gerakannya, kalian yoga sendiri aja di rumah hihi. Apalagi nanti kalo udah trimester 3 bener-bener deh kerasa ‘boyok’ kita tuh super pegel karena perut makin besar dan kerja keras tuh si punggung sama panggul. Nah yoga ini gerakan-gerakannya bikin otot gak tegang.

Selain itu, gerakan seperti cat and cow pose terus child pose dan add mukha svanasana (downward facing dog pose) sangat bermanfaat untuk memperluas ruang gerak bayi di trimester tiga. Manfaatnya aku rasain sendiri sih, bantu kepala bayi jadi turun ke panggul kita. Aku di week 30 posisi kepala masih di atas, terus tiap hari rajin yoga dari YouTube Lara Dutta (karena jatah Yoga sama Mbak Niken habis haha). Eh alhamdulillah di 34 week 5 day, posisi kepalanya bayi udah muter ke bawah. Jadi udah boleh main birthing ball/gym ball.

Oh iya, selama pandemi ini, tiap dateng ke rumah, Mbak Niken menerapkan standar prosedur kebersihan optimal untuk mencegah penyebaran COVID-19. Jadi begitu dateng, Mbak Niken langsung mandi dulu dan ganti baju. InsyaAllah aman, bumil. Asal kitanya juga menjaga imunitas kita.

Jadi, selamat berolahraga, bumil! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s