Ibu Hamil Wajib Baca 3 Buku Ini!

Ketika pertama kali mengetahui bahwa saya hamil, jujur saya bingung harus ngapain. Ya mohon maklum ini kehamilan pertama dan di luar ekspektasi. Kok di luar ekspektasi? Iya soalnya salah seorang dokter sempat memvonis saya positif PCO alias (polycistic ovaries) ini adalah sebuah kondisi dimana dari hasil USG terlihat banyak sel telur kecil-kecil di ovarium. Lebih lanjutnya nanti saya bahas lagi di post terpisah ya.

Tapi saya tidak mau kelamaan bingung dan menjadi calon ibu yang berdaya (cieilah). Karena saya ini orangnya visual, saya suka baca. Jujur aja informasi di internet itu emang banyak banget, tapi informasinya itu terpisah-pisah artinya kita harus aktif cari topik sendiri. Nah akhirnya saya kembali ke cara oldies alias jadul, yaitu BACA BUKU! Soalnya buku-buku yang saya baca ini udah diramu apik, satu buku terdiri dari banyak topik. Istilahnya, kita udah disuapin sama berbagai info yang dianggap penting oleh penulis. Ini dia 3 buku yang saya rekomendasikan untuk para calon ibu!

1. #BebasTakut Hamil dan Melahirkan – Yesie Aprillia

#BebasTakut Hamil dan Melahirkan – Yesie Aprillia

Buku ini ditulis oleh seorang bidan yang sudah terkenal banget di Instagram, Bidan Yesie, dengan nama akun @bidankita. Bumil kalau follow Bidan Yesie pasti tahu bahwa ia adalah pegiat hypnobirth yang juga aktif mengajar yoga. Di buku ini ia memberikan panduan praktis yang berfokus pada proses persalinan normal dan perawatan alami. Walaupun intervensi medis diperlukan dalam proses kehamilan dan persalinan, namun buku ini berpusat pada perawatan dan asuhan yang alami.

Buku ini terdiri dari dua bagian, Part 1: Rayakan Kehamilanmu dan Part 2: Melahirkan Nyaman. Bagian satu menekankan bahwa kehamilan ibarat orang yang lari maraton. Kehamilan juga ibarat orang yang hendak traveling dan naik gunung. Semua harus dipersiapkan dengan matang.

Bagian yang paling bermanfaat untuk saya pada buku ini adalah sub-bab “Saran Selama Masa Kehamilan” dimana saya bisa mengetahui cara mengurangi rasa mual hebat yang saya alami di trimester 1.

Menurut dokter obsgyn saya, mual disebabkan produksi hormon kehamilan yang tinggi. Tapi ketika baca buku saya tahu cara menyiasatinya, diantaranya adalah menghindari makanan yang beraroma, caranya dengan menyantap saat suhu makanan sudah dingin sehingga tidak mengeluarkan aroma kuat.

Buku ini juga memberikan informasi soal gerakan prenatal yoga yang bisa dipraktikan ibu di rumah. Ada gambarnya juga, jadi mempermudah untuk membayangkan cara mempraktekkan instruksinya.

2. Hamil Tanpa Galau – Teman Bumil

Hamil Tanpa Galau – Teman Bumil dengan kata pengantar dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG., M.Kes.

Mulai dari judul aja, saya berasa dicubit. Soalnya kerap kali saya suka galau, euy! Begitu buka halaman-halaman bukunya, langsung jatuh cinta deh. Soalnya ini buku yang banyakan gambarnya (warna warni pula) dibandingkan tulisannya jadi semangat bacanya hahaha. Buku ini dibagi jadi 3 bagian, yaitu Trimester Pertama (1-12 Minggu), Trimester Kedua (13-25 Minggu), dan Trimester Ketiga (28-42 Minggu). Di tiap babnya tim “Teman Bumil” meramu infografis yang penting untuk diketahui calon ibu, lalu ada jawaban atas mitos-mitos yang berseliweran, dan tips-tips untuk bumil.

Bagian yang paling saya sukai adalah bagaimana Teman Bumil mengilustrasikan buah-buahan atau makanan untuk membayangkan ukuran janin di dalam rahim bumil. Ya soalnya biasanya liatnya kan di USG yang di zoooooom banget. Mana gambarnya lucu-lucu banget. Gemes deh!

Saya juga suka bagian Teman Bumil menjawab Mitos atau Fakta seperti “ibu hamil tidak boleh berolahraga” lalu “tidak morning sickness itu bahaya” lalu “seks menyebabkan keguguran” lalu “bumil makan pedas rambut bayi botak” lalu “kalo jadi suka dandan berarti bayinya perempuan nih” daan rentetan katanya-katanya lainnya.

Teman Bumil dengan tegas menjelaskan bahwa sebuah mitos memang mitos, tapi ada juga yang dijelaskan bahwa informasi tersebut “tidak tepat” dan dilengkapi dengan alasan serta informasi penting lainnya.

Buku ini cocok banget deh buat kamu yang males baca tapi kepengeen banget baca demi si baby. Soalnya banyak hal baru yang gak dialami sebelum hamil. Selain itu tidak akan rugi, soalnya buku ini juga ngejelasin istilah-istilah kedokteran yang bikin kamu nyambung ngobrol sama dokter saat periksa rutin. Ingat, jadilah pasien yang memanfaatkan dokter sebaik-baiknya HOHOHO. Saya aja bikin daftar pertanyaan sebelum masuk ruang periksa dokter. Maaf mbak bumil apa wartawan? Xixixi.

3. 9 Bulan (dibuat penuh cinta, dibuai penuh harap) Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat – dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG dan dr. Nurcholid Umam Kurniawan, M.Sc. Sp.A

9 Bulan (dibuat penuh cinta, dibuai penuh harap) Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat – dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG

Buku yang ketiga ini agak lebih serius (judulnya aja panjang buanget) karena banyak tulisannya. Tapi tenang aja gambarnya banyak meskipun gak berwarna hehe. Tapi tenang saja, buku tulisan dokter Irfan dan Nurcholid ini enjoyable dan mudah diikuti. Banyak teori dibarengi dengan kasus-kasus di Indonesia maupun negara lain.

Buku ini terdiri dari beberapa sub-bab. Bab pertama dibuka dengan persiapan kehamilan (kondisi kesehatan sampai keuangan keluarga) lalu soal tumbuh kembang bayi, gaya hidup sehat, keluhan-keluhan ibu hamil (dijelaskan dalam tabel), keadaan gawat darurat, persalinan dan masa nifas.

Saat hamil anda perlu mengakrabkan diri dengan istilah-istilah kegawatdaruratan dalam proses kehamilan, seperti plasenta previa, eklamsia, preeklamsia, abortus, blighted ovum, kehamilan ektopik, dan lainnya. Supaya anda tidak kaget kalau (naudzubillah) dokter mendiagnosa potensi terjadinya kondisi tersebut pada anda dan tahu apa yang harus dilakukan.

Jujur hampir semua istilah ini saya ketahui dari buku ini. Penjelasannya dibarengi dengan gambar jadi terbayang apa yang terjadi dalam janin.

Pada intinya, ketiga buku memberikan informasi yang komperhensif dan saling melengkapi untuk saya seorang ibu hamil yang pertama kali isi. Mari kita belajar bersama untuk menciptakan generasi yang cerdas dan bergizi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s