Jenderal Gatot Nurmantyo Masuk Politik?

Jenderal Gatot Nurmantyo telah resmi meninggalkan Mabes TNI Cilangkap. Dunia politik menjadi lapangan yang menggiurkan dan tidak tertutup kemungkinan Gatot maju di Pilpres 2019. Namanya tidak asing lagi di berbagai survei, bahkan menempati urutan pertama sebagai pendamping calon presiden inkumben Joko Widodo.

Rapat paripurna DPR menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada Kamis sore (7/12). Marsekal Hadi langsung dilantik keesokan harinya. Secara de facto dan de jure,  Jenderal Gatot Nurmantyo telah mengakhiri masa tugas sebagai panglima. Berbagai rencana telah ia siapkan untuk mengisi masa pensiunnya. “Saya ini kan selama masa abdi tidak pernah mengambil cuti. Saya merasa berhutang pada anak saya, saya ingin melihat bagaimana sih proses anak dari kecil jadi besar. Tapi kan tidak bisa ke anak saya, maka ke cucu saya. Tidak mau kalah lah dari presiden.” ujar Gatot.

Hiruk pikuk proses pergantian Panglima TNI menjadi menarik, ketika Presiden Joko Widodo akhirnya mengembalikan tradisi rotasi pimpinan tertinggi di TNI secara bergiliran. Angkatan Udara kembali terpilih, setelah 10 tahun lebih. Presiden Joko Widodo menunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang berasal dari Angkatan Darat. Uniknya, baru kali pertama terjadi, seorang Panglima TNI mengantarkan calon penggantinya mengikuti fit & proper test di DPR.

Marsekal Hadi telah dilantik. Namun yang tak kalah menarik, kemana Jenderal Gatot Nurmantyo setelah purna tugas? Belakangan nama Jenderal Gatot Nurmantyo cukup populer. Namanya bahkan masuk dalam radar bursa pemilihan presiden 2019. Banyak yang menganggap moncernya nama Gatot karena populer ketika menangani sejumlah aksi.

Jenderal Gatot Nurmantyo mulai masuk radar sejak survei SMRC muncul di awal Oktober. Sebagai capres, elektabilitas Gatot 0,3%. Selang sebulan, di survei Poltracking, elektabilitas Gatot naik menjadi 0,8%. Survei Poltracking menyebut, ia berada di posisi ke empat kandidat presiden, setelah Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Jusuf Kalla. Sementara jika menjadi calon wakil presiden Gatot menduduki posisi teratas dengan elektabilitas 13,7%.

survei gatot

Terakhir, survei Indo Barometer bahkan menyatakan Gatot merupakan cawapres paling potensial berpasangan dengan Joko Widodo. Dalam berbagai simulasi Jokowi dengan cawapres, Jokowi-Gatot berhasil meraih elektabilitas hingga 47,9%.

Lantas, apakah Gatot akan terjun ke dunia politik setelah pensiun? “Saya sebagai seorang prajurit, kalau sudah pensiun manakala negara memanggil, sekecil apapun saya siap, ya apapun yang diminta negara, nyawapun saya berikan,” itulah jawaban ‎Gatot di Istana Bogor, Selasa (5/12).

Bagaimana tanggapan para politisi atas masuknya Gatot Nurmantyo dalam bursa cawapres 2019? Ketua DPP Golkar Meutya Hafid menyatakan, jika seorang panglima di partai politik tentu akan memberi kontribusi yang berarti. “Saya rasa semua parpol akan senang, kalau makin banyak orang berkontribusi, apalagi seorang mantan panglima, saya rasa itu bentuk pengabdian yang baik,” ujar Meutya. Sementara dari PPP, Sekjen Arsul Sani mengatakan bahwa nama Gatot masuk dalam diskusi internal elit PPP untuk mendampingi Joko Widodo.

Marsekal Hadi yang masa pensiunnya 2020, tepat mengemban tugas sebagai Panglima TNI baru menghadapi tahun politik. Di sisi lain, Gatot Nurmantyo berpeluang untuk masuk panggung politik. Panglima TNI tentu jabatan politis, tapi bukan berarti TNI boleh berpolitik. Kalau sudah pensiun tentu lain cerita. Kini bola ada di tangan Gatot. Toh banyak purnawirawan TNI yang terjun ke arena politik.

Saksikan liputan Catatan Pewarta Parlemen selengkapnya: Kemana Gatot Bermuara?

Ditulis di Jakarta,

Desember 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s